Artikel

Dampak sering mengulur-ulur waktu


Kalau kita perhatikan dan direngungi, dalam kehidupan  sehari-hari sering kali kita menunda-nunda waktu baik dalam hal ibadah maupun dalam hal yang lainya. Waktu sangat berharga sekali ketika kita bisa menggunakan dengan sebaik-baiknya tetapi sangat merugi sekali ketika kita mengabaikannya, seperti pengalaman yang saya alami sendiri, ketika mau berangkat bekerja jam 08.00 wib ketika itu pas ada kegiatan seminar, karena bangunya kesiangan padahal jam sudah di alrm jam 07.00 wib dan sudah dengar alrm, kata ku “bangun nanti aja ah kalau sudah jam 7.30 wib”, karena keteledoran mengabaikan waktu, akhirnya bangun jam 08.00, la kesianga to “kataku”, dan  akhirnya berangkatnya kesiangan sementara kegiatan seminar sudah harus dipersiapkan, akhirnya sampai di tempat kerja kena marah sama atasan dan kegiatan seminar kurang berjalan dengan maksimal, akhirnya image di depan atasan jadi tidak baik.

Sekelumit cerita di atas adalah sebagian contoh ketika kita mengabaikan waktu yang berakibat fatal kalau kita tidah menggunakan dengan sebaik-bainya atau istilahnya mengulur-ulur waktu. Dalam pepatah arab bahwa waktu itu diibaratkan sama pedang, wah kok bisa ya?, memang benar kalau kita renungkan bahwa pedang itu sangat tajam, tetapi akan sangat berguna tatkala bisa menggunaknnya dengan terampil dan baik tetapi sebaliknya pedang itu sangat membahayakan kita dan tidak segan-segan melukai kita sendiri ketika kita tidak terampil dalam menggunakan pedang itu, seperti halnya waktu akan sangat berguna dan menguntungkan sekali ketika kita bisa memanfaatkan dengan baik, sebaliknya akan merugikan kita kalau tidak bisa memanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Dalam Haidits Rasulallah beliau bersabda “Gunakan masa mudamu sebelum datang waktu tuamu, gunakan masa luangmu sebelum datang waktu sibukmu, gunakan waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu, gunakan waktu kayamu sebelum datang waktu miskinmu, gunakan waktu hidupmu sebelum datang waktu matimu”. Semoga kita diberikan kekuatan Oleh Allah yang maha kuasa untuk selalu bisa terampil menggunakan waktu dan bisa memanage waktu dengan sebaik- baiknya. amiin

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s