Artikel

Orang jawa bilang wong nandur iku bakale ngunduh


Menanam adalah suatu kegiatan melestarikan atau membudidayakan tanaman dengan harapan untuk memperoleh hasil.Jika kegiatan menanam tidak dilakukan maka kegiatan memanen sudah pasti tidak dilakukan.Orang menanam bibit padi sudah pasti akan memanen padinya, orang menanam jagung sudah pasti akan memanen jagung, orang menanam singkong sudah pasti akan memanen singkong, dan tidak mungkin menanam alang-alang akan memanen padi.

Menanam di atas adalah kegiatan dalam arti yang sesungguhnya . Dalam kehidupan manusia sehari-hari menanam juga bisa diartikan hal lain yaitu dalam hal perbuatan dan tingkah laku. Orang jawa bilang wong nandur iku bakale ngunduh yang artinya orang yang menanam itu suatu saat akan memanen.Ini berarti bahwa setiap yang kita tanam pasti kita akan memperoleh hasil yang kita tanam tadi.Orang menanam kebaikan sudah pasti akan memanen kebaikan juga, tetapi sebaliknya orang yang menanam keburukan akan memanen keburukan juga.Segala perbuatan yang kita lakukan akan berdampak pada diri kita sendiri baik di dunia maupun di akherat kelak.

Marilah kita selalu berusaha dengan sekuat tenaga untuk melakukan perbuatan yang baik, karena apapun yang kita lakukan pasti akan ada balasannya. Dalam Al-qur’an juga disebutkan bahwa “Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrah (biji atom), niscaya dia akan menerima (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan seberat dzarrah (biji atom) pun, niscaya dia akan menerima (balasan)nya.”(QS. Al-Zalzalah [99]:7-8).

Iklan