Artikel

Berlebihan itu tidak enak


Sesuatu hal yang berlebihan itu rasanya tidak enak. Teringat dalam sebuah lirik lagu kira-kira bunyinya “yang sedang-sedang saja”.

Ketika kita makan dengan nasi anget, lauk pauk yang enak dan tentunya menggugah selera maka rasanya kita pingin nambah, nambah, nambah dan nambah lagi, kalau hal tersebut kita turuti maka kita akan kekenyangan dan perut jadi tidak enak.

Makan sate itu kalau sedikit rasanya enak tetapi kalau berlebihan maka makan sate itu jadi menimbulkan masalah.

Tidur kalau sedikit dan untuk istirahat dan menghilangkan rasa capek maka ketika bangun kita akan merasa enak tetapi kalau tidur itu jadi berlebihan maka badan akan terasa capek kepala jadi pusing dan akhirnya tidak enak.

Makan vitamin itu kalau sesuai resep maka akan bermanfaat dan tubuh menjadi sehat, tetapi kalau makan vitamin itu secara berlebihan maka akan membahayakan.

Sesuatu di dunia ini kalau terlalu berlebihan rasanya tidak enak, maka yang enak itu adalah sewajarnya dan sedang-sedang saja.

Dalam Al-quranulkariim bahwa Allah memerintahkan kepada kita untuk tidak berlebih-lebihan karena Allah tidak mencintai orang yang berlebih-lebihan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s