Artikel

Saran dan kritik


Pagi-pagi sebelum aktifitas kerja, saya biasa menyempatkan diri kumpul bareng untuk bersalaman dengan rekan kerja dan ngobrol sebentar sambil minum kopi together alias kopi satu disruput bareng-bareng.

Disela obrolan pagi itu saya dapat kritikan, bahwa saya telalu lambat dalam membuat program dan tidak bisa “cak-cek” (dalam bahasa jawa artinya bekerja cepat), dan lagi bahwa saya harus bisa belajar bekerja di bawah tekanan alias bahasa kerenya “under presser”, dari kritikan tersebut kemudian saya jawab bahwa saya memang harus banyak belajar, masih harus buka-buka buku lagi.

Setelah dapat kritikan tersebut saya merenung sejenak dan berfikir dan berkata dalam hati bahwa, “o memang betul, apa yang dikatakan bapak tadi, berarti saya harus belajar..belajar..dan belajar agar menjadi lebih baik lagi”.

Kritik atau saran yang dilontarkan seseorang kepada kita adalah suatu hal yang baik supaya kita lebih berinstropeksi dan selalu belajar untuk menjadi lebih baik. Kritik dan saran adalah bagaikan jamu walaupun rasanya pahit tapi lantaran minum jamu, Allah memberikan kesehatan.

Cerita Lucu

Cerita lucu, dalam perjalanan


Cerita ini terjadi saat kami dan rombongan melakukan perjalan ke sebuah kota dengan menggunakan mini bus dengan AC alami alias angin cendela, dikarenakan bus yang kami gunakan adalah bus yang sudah lama atau boleh dikata busnya waktunya dimusiumkan.

Dalam perjalanan setelah beberapa jam tentunya ada yang mengantuk, ada yang ngobrol, ada yang diam saja sambil menikmati perjalanan, ada yang bahkan sampek tertidur ngorok.

Setelah sampai setengah perjalanan yang begitu panjang, ada yang bertanya

Mr john: ini sudah nyampek mana rek ?
Mr andik: iya, ini sudah nyampek mana ?

Lalu tiba-tiba pak wi nyletuk sambil ngantuk -ngantuk

Pak wi: ini sudah nyampek Lamongan

Maka orang-orang pada gaduh,

Orang-orang: masak nyampek lamongan..!

Lalu beberapa saat si pak wi nyletuk lagi

Pak wi: o salah, yang bener nyampek madiun.

Orang-orang: lo gimana pak wi, kok berubah-rubah, kita kan dari malang mau ke probolinggo kok melewati Lamongan sama madiun.

Setelah beberapa saat, ternyata yang dibaca pak wi adalah warung soto lamongan dan pecel madiun, ha.

Cerita Lucu

Cerita lucu, kata terima kasih


Ketika itu kami dimintai tolong oleh seorang guru yang sangat sabar dan tidak lain adalah ayah saya sendiri yaitu membantu mengoreksi hasil ujian anak SD, oleh karena ayah pada waktu itu mengajar di Sekolah Dasar tempatnya di desa.

Selama ujian, setiap malam kami dimintai bantuan untuk mengoreksi mata pelajaran yang telah selesai diujikan, waktu itu mata pelajaran yang dikoreksi adalah bahasa inggris.

Ada hal yang menggelikan dan membuat ketawa cekikikan waktu mengoreksi, soal di bagian isian, ada 5 soal yang harus dijawab, ada salah satu soal disuruh menerjemahkan kata “terima kasih” ke dalam bahasa inggris, bermacam-macam jawaban yang muncul, ada yang menjawab “thank you” dengan benar, ada yang menjawab “teng yu” alias tulisanya yang salah, dan yang bikin ketawa adalah ada yang menjawab “trim’s”, kami pun ketawa cekikikan.

Cerita Lucu

Cerita lucu, sangkar burung


Disuatu siang waktu istirahat jadwal ngopi adalah kegitan rutin kami, sambil ngobrol tentang pekerjaan, tentang politik, tentang sepak bola dan sebagainya pokoknya komplit.

Ngobrol kesana kemari tentunya tak ketinggalan secangkir kopi, tak sengaja aku melihat dua buah sangkar burung yang menggantung di bawah atap sebuah rumah, lalu aku bertanya dalam hati

Aku: itu ada sangkar burung, satu sangkar burung ada burungnya, yang satunya sangkar burung tapi kok kecil banget, kira kira burung apa ya?

Lalu aku perhatikan dengan seksama, itu kok kayak jangkrik, lalu tak lama kemudian terdengarlah bunyi jangkrik, kriik, kriik.

Aku: tu bener sangkarnya jangkrik

Dan temenku ada yang nyletuk begini

Temenku: o itu sangkar memang ada burungnya, tapi burungnya jankrik..ha

Maka dalam obrolan jadi ketawa semu sampai terpingkal-pingkal, ha, ha, ha.

Artikel

bekerja keras


Sukses adalah dambaan setiap orang, untuk mencapai sukses maka kuncinya harus bekerja keras. Dalam sebuah diskusi kecil di warung kopi, mr. Z berkata “kalau kita ingin sukses maka kita harus bekerja keras dan disiplin”.

Seorang motivator juga mengatakan bahwa kalau seseorang ingin sukses maka syaratnya harus bekerja keras.

Lalu saya bertanya, bekerja keras itu yang bagaimana ?, apa bekerja tanpa mengenal waktu, apa bekerja tanpa berhenti.

Mr. Z mengatakan bahwa bekerja sesuai bidangnya, bekerja tanpa menyerah, berani mengambil resiko, berani berhadapan dengan orang lain, berani dimarahi atasan, berani berbenturan, berani jujur, berani bertanggung jawab, selalu memperbaiki diri.

Artikel

Sikap kehati-hatian


Ketika kita di jalan raya, kita menjaga untuk tidak ngebut, mengikuti jalur yang benar, tidak smsan waktu berkendara,  dan hal-hal lain yang dapat merugikan pengguna jalan yang lain maka itu merupakan sikap hati-hati di jalan raya.

Ketika kita menjaga sikap agar tidak merugikan orang lain, ataupun menjaga apa-apa yang kita perbuat supaya tidak merugikan orang lain maka itu merupakan hati-hati dalam bersikap dan perbuatan.

Ketika kita menjaga perkataan kita, mau mengeluarkan sebuah kata kita pikir dan direnungkan dulu supaya tidak menyakiti perasaan orang lain, maka itu merupakan hati-hati dalam berkata dan berbicara.

Terkadang ada seseorang di dalam suatu kumpulan atau forum terlihat tidak banyak bicara dan tidak banyak tingkah karena menjaga sikap dan sangat berhati-hati dalam bicara supaya tidang menyinggung perasaan orang lain.

Artikel

Tempe, makanan bergizi dan merakyat


Tempe adalah makanan khas orang indonesia yang berasal dari kedelai atapun kacang-kacangan. Makanan ini sangat unik dalam membuatnya, mulai diinjak-injak kaki sampai dibungkus dengan daun jati.

Teringat jaman waktu kecil dulu di desa, ketika itu ikut ayah pergi ke sawah melewati sungai yang mengalir deras dan warna airnya agak kemerah merahan karena dapat kiriman hujan dari pegunungan, walaupun airnya tidak jernih tapi orang-orang desa biasanya dibuat cuci baju, mandi dan lain sebagainya, teringat ketika itu ada seorang bapak-bapak sedang menggilas-gilas kedelai dengan kaki untuk di buang kulitnya dan kedelainya itu sudah direbus sebelumnya, saya kadang-kadang melihat di samping bapak yang menggilas kedelai tersebut dan dikasih kedelai sama bapaknya karena kedelainya sudah matang.

Dari proses diatas tadi lalu kedelai dikasih ragi dan dibungkus dengan daun jati dibiarkan beberapa hari maka jadilah tempe, cara menyajikanya bisa digoreng, dibuat campuran sayur dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkan tempe tidaklah harus mahal, harganyapun merakyat, sebungkus tempe berkisaran seribu atau duaribu. Walaupun murah tapi makanan ini sangat bergizi, dari yang kaya sampai yang belum kaya sangat suka mengkonsumsi tempe.

Artikel

Ngopi together, satu untuk semua


Di dalam kita bekerja, kebersamaan adalah sangat penting, sesama karyawan saling tegur sapa, sesama pemimpin dan yang dipimpin saling menyapa, tidak ada perbedaan.

Ada hal yang unik yang saya alami, ketika pagi hari baru nyampek di tempat kerja sebelum menempati posisinya masing-masing kami sempatkan untuk ngopi bareng biar tidak ngantuk, dan uniknya ngopinya bareng tapi kopinya hanya satu gelas disruput bareng-bareng, jadinya ingat semboyan salah satu televisi swasta “satu untuk semua”, kopinya satu gelas disruput bareng-bareng.

Untuk membangun kebersamaan tidak harus mahal,misalnya yang mahal adalah harus makan direstoran yang mahal atau apapun tetapi dengan segelas kopi bisa membangun kebersamaan, lalu bagaimana caranya? yaitu segelas kopi tapi diminum atau disruput bareng-bareng.

Cerita Lucu

Cerita lucu ikut budina


Suatu ketika mr. z sedang dalam perjalanan ke kota jember, beliau naik bus dari kota malang lalu turun di terminal probolinggo.

Dari terminal probolinggo mr z kemudian nunggu bus jurusan jember, setiap bus yang jurusan jember distop tetapi selalu full penumpangnya dan si kernet bus selalu bilang ikut budina..ikut budina..ikut budina.

Beberapa kernet bus selalu bilang budina, mr. z lalu penasaran dalam hati beliau berkata siapa budina, lalu beliau bertanya kepada beberapa penumpang dengan tujuan yang sama, beliau tanya “pak boleh tanya, budina itu siapa ya?”, lalu dijawab budina itu maksutnya ikut bus yang belakangnya, ha.

Ternyata kata budina itu bukan nama orang melainkan bahasanya orang madura yang artinya ikut belangnya, jadi ikut bus dibelakangnya, itulah sekelumit cerita lucu mr. z ikut budina, ha.

Artikel

Kebiasaan unik orang jawa


Kebiasaan dan petuah di jawa jaman dulu sangat unik tetapi sangat di taati dan sangat jarang sekali dilanggar, dan kebiasaan itu sudah terjadi secara turun temurun sampai sekarang dan seakan akan menjadi peraturan.

Kebiasaan kebiasaan itu misalnya

1.Orang hamil dan suaminya dilarang menyakiti dan bahkan membunuh hewan. Mungkin orang jaman dulu bermaksud memberikan pendidikan untuk selalu menyayangi hewan dan jangan sampai menyakitinya.

2.bahwa orang hamil dan suaminya dilarang untuk menggunjing kejelekan orang lain, orang jaman dulu mungkin memberikan pelajaran bahwa untuk selalu berprasangka baik.

3.anak kecil dilarang makan brutu (bagian ayam tapi dekat dubur), ini mungkin memberikan pelajaran kepada anak anak untuk makan yang baik baik, soalnya brutu tempatnya di dekat kotoranya ayam.

4.anak perempuan dilarang makan tampek (bagian ayam yaitu sayapnya), ini mungkin karena sayap itu dagingnya sedikit.

Begitulah kebiasaan kebiasan orang jawa jaman dulu dan itu masih banyak lagi yang belum disebutkan, dan tentunya dengan maksud memberikan pelajaran yang baik.